‘Don’t Look Up’ Menyadarkan Kita Pentingnya Partisipasi Publik

IAP2 Indonesia – Pada film ‘Don’t Look Up’ menyadarkan kita betapa pentingnya partisipasi publik dalam mengambil sebuah keputusan. Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Ringkasan Film Don’t Look Up

Pada top 10 Netflix Movies di Indonesia, film Don’t Look Up berhasil merebut peringkat satu. Hal tersebut menarik perhatian karena dibintangi para pemain Academy Awards seperti Leonardo Dicaprio, Jennifer Lawrence, Meryl Streep, Timothee Chalamet, Tyler Perry, dan Mark Rylance. Film dengan genre Sci – Fi ini menceritakan tentang sebuah komet yang dapat menghancurkan Bumi dan makhluk hidup akan musnah. Alur cerita berawal dari Kate seorang mahasiswa pascasarjana astronomi dan profesornya Dr. Randall Mindy yang menemukan sebuah komet akan menghancurkan Bumi dalam waktu 6 bulan 14 hari. Mereka bersama Dr. Oglethorpe berusaha untuk mengingatkan pemerintah dan media untuk segera mengambil keputusan untuk menghadapi komet tersebut, tetapi hal tersebut tidak dianggap serius. Hal tersebut semakin memburuk ketika pemilik perusahaan teknologi BASH mengambil keputusan sepenuhnya untuk kepentingan beberapa pihak dan didukung sepenuhnya oleh pemerintah. Ternyata keputusan tersebut mengakibatkan kehancuran dan merugikan seluruh makhluk hidup.

Sumber foto : Netflix

Makna Komet di Film Don’t Look Up

Adam McKay penulis cerita Don’t Look Up menyampaikan bahwa komet merupakan perumpamaan sebuah global issues seperti climate change, new viruses, global war, dan isu lainnya. Pada film ditunjukkan bagaimana pemerintah dan pihak lainnya mengambil keputusan secara sepihak untuk kepentingan pribadi, walaupun Kate dan Dr. Mindy sudah berusaha menyampaikan sebuah solusi untuk segera dilakukan, tetapi tanpa dukungan pemerintah dan masyarakat hal tersebut tidak dapat dilakukan. Film tersebut menyadarkan kita terhadap situasi saat ini yaitu masih adanya pihak yang merusak lingkungan dan merugikan pihak lain demi kepentingan pribadi. Film tersebut memberikan gambaran ketika masyarakat, pemerintah, dan pihak lain yang tidak peduli terhadap global issues yang akhirnya menghancurkan kehidupan alam semesta.

Sumber foto : youtube

Kekuatan Media dan Kebiasaan Masyarakat

Di film tersebut juga menyindir kebiasaan masyarakat yang hanya tertarik dengan infotainment. Menjadi hal menarik ketika adegan salah satu pegawai NASA menunjukkan grafik jumlah penonton sangat tinggi pada berita skandal selebriti dibandingkan berita komet tersebut. Pada film juga memberitahu bagaimana kekuatan media dapat menggiring opini publik, dan ditunjukkan melalui adegan ketika pesan yang disampaikan Kate tidak tersampaikan dengan baik. Sangat menarik bukan bagaimana isu yang sebenarnya sangat penting dikalahkan dengan isu kehidupan selebriti. Menurut kalian apakah hal tersebut juga terjadi di Indonesia?

Sumber foto : youtube

Baca Juga : Partisipasi Publik dalam Proses Legislasi

Join IAP2 Indonesia untuk Mendukung Partisipasi Publik

Dengan berpartisipasi kamu dapat mendukung pembangunan inklusif dan berkeadilan loh. IAP2 Indonesia hadir sebagai organisasi yang bertujuan untuk memperluas dan memajukan praktik partisipasi publik.

Kamu bisa menjadi member dengan mendaftar pada link berikut, klik link. Mari kita belajar dari film Don’t Look Up untuk mulai aktif berpartisipasi dan peduli terhadap isu pembangunan. Kami tunggu partisipasi kamu ya menjadi member IAP2 Indonesia!

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.