peta_indonesiaIAP2 (International Association for Public Participation)—Asosiasi Internasional untuk Partisipasi Publik, didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1990, adalah organisasi internasional terkemuka memajukan praktek partisipasi publik. Partisipasi publik berarti melibatkan mereka yang terkena dampak akibat sebuah atau beberapa keputusan dalam proses pengambilan keputusan. Kondisi ini kemudian mendorong keputusan yang berkelanjutan dengan menyediakan peserta informasi yang mereka butuhkan dan wadah untuk terlibat dalam cara yang berarti, dan berkomunikasi dengan mereka untuk dapat masukan mereka mempengaruhi keputusan.

Praktek partisipasi publik mungkin melibatkan pertemuan-pertemuan publik, survei, rumah terbuka, lokakarya, polling, komite penasihat warga negara dan bentuk lain dari keterlibatan langsung dengan masyarakat.

Misi IAP2 adalah untuk memajukan dan memperluas praktek partisipasi publik. IAP2 mendukung atas nama anggota dan membangun reputasi internasional untuk praktek partisipasi publik dan profesi. Ini mendukung penelitian internasional dan menawarkan pelatihan dan pengembangan profesional.

Anggota IAP2 bekerja dalam industri, organisasi masyarakat sipil, perguruan tinggi, pemerintah dan banyak lagi. Mereka terlibat dalam proses partisipasi publik dengan mendukung klien, kolega dan warga negara untuk meningkatkan pengambilan keputusan.

IAP2 mempunyai affiliates (cabang) di sejumlah negara, antara lain:

Di Indonesia, IAP2 Indonesia sudah diinisiasi sejak awal tahun 2011 dan didirikan secara formal sebagai badan hukum Asosiasi pada 1 Januari 2012 oleh sejumlah tokoh publik yang mempunyai perhatian dan komitmen untuk memperkuat partisipasi publik di Indonesia. IAP2 Indonesia tercatat sebagai Asosiasi Partisipasi Publik Indonesia Jakarta dengan Akta Notaris No. 9 tahun 2012 pada Notaris Hj. Huriah Sadeli, SH di Jakarta.

 

Aldi Muhammad Alizar. Email: aldi.alizar@gmail.com; atau Yusdi Usman. Email: yusdi.usman@gmail.com