Webinar Refleksi Akhir Tahun Terhadap Partisipasi Publik

Webinar Refleksi Akhir Tahun Terhadap Partisipasi Publik

IAP2 Indonesia mengadakan webinar bertajuk “Refleksi Akhir Tahun Terhadap Partisipasi Publik” sebagai bentuk pencapaian IAP2 Indonesia selama tahun 2021 dalam mewujudkan praktik partisipasi publik.

Pembicara dari Berbagai Sektor dalam Mendukung Partisipasi Publik

Webinar Refleksi Akhir Tahun Terhadap Partisipasi Publik1

Sumber : WEBINAR REFLEKSI AKHIR TAHUN TERHADAP PARTISIPASI PUBLIK IAP2

Oleh karena itu IAP2 Indonesia mengundang pembicara dari sektor pemerintah, NGO, dan CSO dalam mewujudkan partisipasi publik di ranah kontribusinya. Pembicara pertama yaitu Pak Muhammad Farhan – Anggota Komisi I dan Badan Legislasi DPR RI, beliau memaparkan materi tentang partisipasi publik dalam proses legislasi. Selanjutnya pembicara kedua yaitu Pak Idham Ibty – Ketua PKPEK (Perkumpulan untuk Kajian dan Pengembangan Ekonomi Kerakyatan) Yogyakarta, beliau membawakan materi tentang partisipasi publik dalam pembangunan Yogyakarta. Sedangkan untuk pembicara terakhir yaitu Bu Khusnul Khotimah – Relawan Cegah Stunting Kota Bandung memaparkan materi tentang partisipasi publik terhadap Pengarusutamaan Gender (PUG). Materi yang dipaparkan oleh pembicara memberikan banyak ilmu baru dalam mendukung partisipasi publik.

 

Pencapaian IAP2 Indonesia selama Tahun 2021

Webinar Refleksi Akhir Tahun Terhadap Partisipasi Publik2

Sumber : WEBINAR REFLEKSI AKHIR TAHUN TERHADAP PARTISIPASI PUBLIK IAP2

Saat ini IAP2 Indonesia sedang mewujudkan pembangunan berkelanjutan, berkeadilan, dan inklusif untuk menuju Indonesia Emas 2045. Sehingga Partisipasi dan kolaborasi multipihak menjadi  pilar yang kuat dan niscaya untuk menghadapi  isu tantangan pembangunan. Di tahun ini, IAP2 Indonesia  berupaya untuk menguatkan elemen-elemen  kemitraan multipihak guna menghadapi tantangan pembangunan Indonesia Emas 2045 melalui kegiatan pada gambar berikut.

Baca Juga : Tingkatkan Kewaspadaan Sosial Terhadap Pandemi COVID-19 Pada Liburan Nataru

Rencana Strategis IAP2 Indonesia 2022 – 2024

Tujuan IAP2 Indonesia sebagai organisasi terdepan dalam mempromosikan dan meningkatkan praktik partisipasi publik dalam perwujudan dan pembangunan yang berkelanjutan. Dari tujuan tersebut turun menjadi focus area dan kegiatan yaitu:

  1. Organizational excellencediwujudkan dengan kegiatan pelayanan, membangun model dan proses bisnis terkini, serta komunikasi;
  2. Advocacy practice diwujudkan dengan kegiatan advokasi, pelatihan, dan webinar;
  3. Membership management diwujudkan dengan kegiatan pelayanan anggota dan membertalk.

Pencapaian IAP2 Indonesia selama 2021 telah berhasil mendukung praktik partisipasi publik dengan melakukan kolaborasi bersama pemerintah, NGO, sektor swasta, masyarakat, media, dan akademisi. Sehingga diharapkan rencana strategis untuk tahun 2022 dapat tercapai sehingga terwujudnya pembangunan yang berkeadilan dan inklusif.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *