Semangat Kolaborasi Multipihak dalam Peluncuran CoFREE Initiative

Untuk keluar dari krisis multidimensional seperti COVID yang melanda seluruh segmen kehidupan, diperlukan kerjasama multi pihak yang memiliki kesamaan visi baik swasta, organisasi kemasyarakatan, petani, nelayan dan UMKM hijau serta masyarakat baik di dalam maupun diluar negeri.

CoFREE iniative adalah salah satu wujud Gerakan Kemitraan Multi Pihak yang mempersiapkan, membimbing dan membuka akses pasar serta mendorong petani, nelayan dan umkm hijau Indonesia untuk masuk ke dalam Rantai Nilai Global dengan prinsip Ekonomi Hijau dan Rendah Karbon.

Difasilitasi oleh KJRI Melbourne dan dilaksanakan di Melbourne, Jakarta secara online.pada hari ini, tanggal 7 Desember 2020 dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Next Frontier Pty Ltd, NXF Media Pty Ltd dan Anwar Muhammad Foundation yang menginisiasi CoFREE Initiative. MoU tersebut memuat komitmen semua pihak untuk bekerjasama dengan saling melengkapi serta bersinergi.

Selain itu, telah diluncurkan sebuah Joint Communique antara CoFREE Initiative dengan mitra strategisnya antara lain , International Association for Public Participation (IAP2) Indonesia, PT Sarana Multi Infrastruktur, Angkasa Pura Kargo, Fair Trade Asia Pacific, Global Reporting Initiative Indonesia, Departemen Inovasi dan Korporasi Universitas Padjajaran, School of Business La Trobe University, Sulawesi Community Foundation, Lembaga Pengembangan Masyarakat Pesisir dan Pedalaman (LEPMIL), Asosiasi Panas Bumi Indonesia (INAGA), PT Supreme Energy, WWF Indonesia dan UNDP Indonesia.

Joint Communique tersebut memuat  visi pembentukan Coffree Initiative yaitu kemitraan multipihak dalam memajukan produk produk  Indonesia yang mengedepankan ekonomi hijau dan rendah karbon untuk masuk  ke Australia dan rantai pasok global.  Joint Communique tersebut juga memuat  misi Coffree untuk menjadi hub dalam bidang diseminasi informasi dan wadah bagi peningkatan kemapuan para petani, nelayan dan UMKM hijau untuk meningkatkan kapasitasnya  melalui berbagai kegiatan diantaranya yaitu seminar, networking dan berbagi keahlian sehingga mereka dapat bersaing di tingkat global.

Penandatanganan Cofree disaksikan oleh Ibu Spica A. Tutuhatunewa, Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Victoria dan Tasmania, Ibu Amalia Adininggar Widyasanti, Plt Deputi Bidang Ekonomi/Staff Ahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan, Kementrerian PPN/Bappenas, Bapak Danny Januar Ismawan, Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Masyarakat dan Pemerintah, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dan Bapak M Riza Adha Damanik, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, Kementerian Koperasi dan UKM.

Penandatanganan MoU dan Joint Communique ini diadakan sebagai tindak lanjut acara peluncuran CoFREE Initiative serta rangkaian webinar yang dilaksanakan pada tanggal 1-3 Desember  2020. Bapak DR (H.C) Ir. H. Suharso Monoarfa, Menteri PPN/ Kepala BAPPENAS, Bapak DR (H.C telah menjadi keynote Speaker pada acara tersebut. Bapak Kristiarto Legowo, Duta Besar RI untuk Australia  telah membuka resmi  yang dilanjutkan dengan welcoming remarks dari Ibu Spica A.Tutuhatunewa, Konsul Jenderal RI untuk Victoria dan Tasmania.  Hadir dalam acara pembukaantokoh Lingkungan Hidup Indonesia Prof.DR. Emil Salim selaku Pembina CoFREE Initiative.

Acara peluncuran dan webinar yang dihadiri oleh total 1577 viewers dalam 5 kali acara webinar pelaksanaanya  tersebut diisi oleh beberapa pembicara yang kompeten dibidangnya antara lain dari KJRI Melbourne, BAPPENAS, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) Kemkominfo,  PT Sarana Multi Infrastruktur, Angkasa Pura Kargo, Global Reporting Inititiave, Fair Trade Asia Pacific, ITPC Sydney, Universitas Padjajaran, La Trobe University, WWF, UNDP Indonesia serta berbagai pihak lainnya.

Peserta datang dari 3 kota di Australia (Melbourne, Sydney dan Canberra) serta 159 kota kabupaten di 34 propinsi di Indonesia dengan latar belakang yang beragam mulai dari petani, nelayan, UMKM Hijau hingga PNS, mahasiswa dan masyarakat umum.

Media Enquiries: media@cofree.ventures

Author

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *