Menyambut Tahun 2021 dengan Memperkuat Partisipasi dan Kolaborasi

Tahun 2020 menjadi tahun yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pandemi COVID-19 yang kehadiran dan dampaknya tak terduga mulai menggagalkan satu per satu rencana pembangunan dan memporak-porandakan stabilitas pembangunan dan perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Namun demikian, IAP2 Indonesia berupaya untuk menjadi organisasi yang berperan aktif dalam memulihkan sektor-sektor terdampak pandemi dengan menerapkan prinsip partisipasi.

Di tengah pandemi 2020, IAP2 Indonesia mampu memberikan catatan mengesankan dengan menjadi mitra nonpemerintah Kementerian PPN/Bappenas. IAP2 Indonesia mendapat dukungan dari UNESCAP untuk penyelenggaraan acara Multi-Stakeholder Partnership. Selain itu, IAP2 Indonesia juga menyelenggarakan diskusi terbatas yang bertopik “Partisipasi dan Ekonomi Hijau untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Pascapandemi” dengan stakeholder dari kalangan pemerintah, akademisi, dan sektor swasta.

IAP2 Indonesia juga aktif dalam menyelenggarakan kegiatan daring, yakni berupa penyelenggaraan webinar dengan Global Water Partnership (GWP); webinar dengan PLAN International Indonesia, dan webinar dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). IAP2 Indonesia juga terlibat dalam inisiasi platform Collaboration on Fostering Recovery through Economic Empowerment (CoFREE) Initiative. IAP2 Indonesia telah menginisiasi kegiatan International Year of Participation (IYP) 2023. Kami juga melaksanakan kegiatan pendampingan kepada pemerintahan daerah dalam rangka pembuatan RAD di Kota Pagar Alam, menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga non pemerintah, swasta, akademik, dan parlemen. IAP2 Indonesia aktif menyebarluaskan informasi dan kampanye partisipasi publik melalui media sosial yang kami miliki.

Pandemi mengabsahkan prinsip partisipasi sebagai salah satu pilar kuat untuk bangkit dan berkolaborasi bersama dalam membangun negeri. Dengan krisis dan kompleksitas permasalahan yang terjadi selama tahun 2020, IAP2 Indonesia percaya ada dua hal yang dapat dilakukan di tahun 2021:

  1. Perkuat prinsip partisipasi dan kolaborasi dalam pengelolaan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, khususnya pascapandemi.
  2. Perkuat penerapan kolaborasi multipihak dalam proses perumusan dan pengelolaan kebijakan publik serta pengambilan keputusan strategis yang berdampak luas di masyarakat.

Semoga di tahun 2021 kita bisa bertemu dalam situasi dan suasana yang lebih baik. Perkuat partisipasi publik untuk kebaikan bersama, gaungkan kolaborasi multipihak, kita bisa melawan COVID-19 bersama.

 

Salam Partisipasi,

Aldi Muhammad Alizar
Chair IAP2 Indonesia

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.