IAP2 dan SGPP Edukasikan Mahasiswa Terkait Partisipasi Publik

BOGOR – International Association for Public Participation (IAP2) Indonesia mendukung penuh upaya proses Partisipasi Publik di Indonesia dalam berbagai bidang agar berjalan sesuai dengan semestinya. Dalam hal ini, Kamis, 03 Mei 2018, IAP2 Indonesia menghadiri undangan School of Government and Public Policy (SGPP) Indonesia untuk mensosialisasikan berbagai hal terkait dengan IAP2 Indonesia dan Partisipasi Publik.

School of Government and Public Policy (SGPP) merupakan institusi pendidikan yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa baik dalam maupun luar negri agar dapat memahami dan mengelola dinamika, sosial, politik, dan ekonomi yang terjadi dalam pelaksanaan kebijakan pemerintahan Indonesia baik itu kabupaten atau kota, provinsi, maupun nasional.

Adanya desentralisasi secara otomatis membuka peluang bagi Partisipasi Publik untuk diterapkan dan dijadikan salah satu cara untuk mencegah dan menanggulangi konflik antara pihak yang membuat kebijakan dan pihak yang terkena dampak kebijakan tersebut. Saat ini, Partisipasi Publik dalam prakteknya hanya dijadikan sebagai formalitas atau sekedar meruntuhkan kewajiban dengan mengajak segelintir masyarakat terkait untuk mensosialisasikan kebijkan, bukan untuk turut ambil andil dalam kebijakan tersebut. Kehadiran IAP2 Indonesia dengan ilmu dan pengalaman yang dimiliki serta jaringan komunitas yang luas diharapkan mampu mengedukasi masyarakat dan turut berperan dalam Partisipasi Publik di Indonesia

Sejalan dengan tujuan IAP2 Indonesia, School of Government and Public Policy berencana berencana membangun kerjasama dalam hal mengedukasikan mahasiswanya dan masyarakat pada umumnya terkait dengan IAP2 Indonesia dan Partisipasi Publik.

“Kami mengajak mahasiswa SGPP yang ingin atau sedang melakukan penelitian terkait partisipasi publik untuk menjadikan kami mitra dalam penelitian mereka, kami memiliki berbagai macam sumber referensi yang bisa dijadikan rujukan oleh mereka. Selain itu ruang lingkup SGPP masih selaras dengan IAP2, oleh karenanya untuk lebih lanjut kami mengajak seluruh civitas SGPP untuk berperan dalam mempromosikan dan mensosialisasikan partisipasi publik ke khalayak banyak” Ujar Aldi Muhammad Alizar selaku Presiding Member / Chair dari IAP2 Indonesia Affiliate..

IAP2 Indonesia saat ini akan melaksanakan beberapa event seperti Pelatihan Dasar-Dasar Partisipasi Publik di bulan Juni mendatang dan Semi-Loka Partisipasi Publik dan SDGs pada bulan Agustus. Untuk kedepannya, IAP2 berharap banyak instansi pemerintah maupun swasta, ataupuun masyarakat Indonesia mulai aware terhadap partisipasi publik.

Syahid Fachri, IAP2 Indonesia | Jum’at, 4 Mei 2018 13:47

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.