IAP2 Dorong Pemerintah Tingkatkan Partisipasi Publik

Alizar1Sebagai organisasi yang fokus pada penguatan partisipasi publik di Indonesia, IAP2 Indonesia tetap komit dengan upaya peningkatan partisipasi publik di tanah air. Salah satunya adalah dengan cara mendorong pemerintah untuk meningkatkan partisipasi publik dalam setiap perumusan kebijakan dan implementasi program-program pembangunan kepada masyarakat.

Ketua IAP2 Indonesia Alizar Anwar mengatakan bahwa perkembangan demokratisasi di Indonesia yang berkembang pesat mensyaratkan adanya partisipasi publik dalam setiap perumusan kebijakan pemerintah. “Partisipasi publik itu penting untuk membuka ruang bagi masyarakat dalam memperjuangkan kepentingannya ketika terdampak dari sebuah kebijakan”, tambah Alizar.

Melalui berbagai kegiatan seperti seminar, diskusi, publikasi, audiensi dengan berbagai pihak, IAP2 Indonesia, lanjut Alizar, akan terus berperan dalam penguatan partisipasi publik khususnya kepada pemerintah di semua tingkatan. Karena partisipasi publik ini adalah kepentingan bersama, Alizar mengajak semua pihak juga untuk berperan serta dalam penguatan partisipasi publik ini.

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh pemerintah jika partisipasi publik dilaksanakan dengan baik dalam pelaksanaan program-program pembangunan. Salah satunya, menurut Alizar, menurunnya konflik yang muncul sebagai dampak dari sebuah kebijakan atau sebuah proyek pembangunan. “Ketika masyarakat diminta pendapatnya sejak awal terhadap sebuah kebijakan, maka pemerintah akan bisa membuat kebijakan yang sesuai dengan keinginan masyarakat”, jelas Alizar. Sebaliknya, produk kebijakan yang tidak partisipatif justru akan memunculkan banyak penolakan dari masyarakat.

Karena itu, lanjut Alizar, IAP2 Indonesia akan melakukan audiensi dengan sejumlah lembaga pemerintah dan kementerian untuk mendiskusikan pentingnya peningkatan partisipasi publik oleh pemerintah ini. (Admin)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.