Kurikulum dan modul pelatihan pengembangan kepemimpinan dan profesi merupakan modul dan kurikulum yang disusun oleh tim International Association for Public Participation (IAP2) Indonesia dalam upaya meningkatkan kapasitas yang mencakup keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Pengembangan kapasitas tersebut tidak dapat dilakukan sekali, tetapi harus dilakukan secara terus menerus. Hal ini disebabkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga diperlukan pengembangan profesionalitas yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan dicanangkannya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 2030, maka kapasitas SDM yang profesional dan memiliki kemampuan kepemimpinan sangat diperlukan untuk melaksanakan dan menjawab tantangan-tantangan kompleks dari penerapan TPB.
Penyusunan kurikulum dan modul pelatihan pengembangan kepemimpinan dan profesi bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para praktisi pembangunan dalam memfasilitasi kemitraan mutlipihak untuk mendorong praktik keterlibatan masyarakat dan publik di bidang dan di wilayahnya masing masing.
Dalam penyusunan kurikulum dan modul pelatihan pengembangan kepemimpinan dan profesi diadakan focus group discussion (FGD) yang dilaksanakan tiga kali dengan banyak pihak diantaranya adalah penulis dari panduan kemitraan multipihak, pemerhati SDGs, praktisi kemitraan multipihak, dll.
Struktur kurikulum terbagi atas tiga bagian utama yaitu modul dasar, modul inti, dan modul pendukung. Terdapat enam modul inti didalam pelatihan ini. Total jam pembelajaran adalah 27 jam yang mana satu jam pelajaran terdiri dari 45 menit.
No | MATERI | Jam Pembelajaran | ||
Teori | Praktik | Total | ||
Modul Dasar | ||||
1 | Kemitraan Multi Pihak dalam TPB | 1 | 1 | 2 |
Modul Inti | ||||
1 | Kepemimpinan dan Pengembangan Profesional Dalam Konteks TPB | 1 | 1 | 2 |
2 | Pemetaan Masalah Pembangunan Berkelanjutan | 2 | 4 | 6 |
3 | Merancang Solusi Pembangunan Berkelanjutan | 2 | 4 | 6 |
4 | Rencana Komunikasi dan Advokasi KMP | 1 | 2 | 3 |
5 | Rencana Monitoring dan Evaluasi KMP | 1 | 2 | 3 |
6 | Penanganan Pengaduan Publik yang Efektif | 1 | 2 | 3 |
Modul Pendukung | ||||
1 | Rencana Tindak Lanjut | 1 | 1 | 2 |
TOTAL | 10 | 17 | 27 |
Baca Juga : Memperkuat Inisiatif Kemitraan Multipihak di Indonesia untuk Agenda 2030
Sumber: kurikulum dan modul pelatihan pengembangan kepemimpinan dan profesi, 2021