Penyusunan Kurikulum dan Modul Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan dan Profesi

Penyusunan Kurikulum dan Modul Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan dan Profesi

Kurikulum dan modul pelatihan pengembangan kepemimpinan dan profesi merupakan modul dan  kurikulum yang disusun oleh tim International Association for Public Participation (IAP2) Indonesia dalam upaya meningkatkan kapasitas yang mencakup keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Pengembangan kapasitas tersebut tidak dapat dilakukan sekali, tetapi harus dilakukan secara terus  menerus. Hal ini disebabkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga diperlukan  pengembangan profesionalitas yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Dengan dicanangkannya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 2030, maka kapasitas SDM yang  profesional dan memiliki kemampuan kepemimpinan sangat diperlukan untuk melaksanakan dan  menjawab tantangan-tantangan kompleks dari penerapan TPB. 

Penyusunan kurikulum dan modul pelatihan pengembangan kepemimpinan dan profesi bertujuan  untuk meningkatkan kapasitas para praktisi pembangunan dalam memfasilitasi kemitraan mutlipihak untuk mendorong praktik keterlibatan masyarakat dan publik di bidang dan di wilayahnya masing masing. 

Dalam penyusunan kurikulum dan modul pelatihan pengembangan kepemimpinan dan profesi diadakan focus group discussion (FGD) yang dilaksanakan tiga kali dengan banyak pihak diantaranya  adalah penulis dari panduan kemitraan multipihak, pemerhati SDGs, praktisi kemitraan multipihak,  dll. 

Struktur kurikulum terbagi atas tiga bagian utama yaitu modul dasar, modul inti, dan modul  pendukung. Terdapat enam modul inti didalam pelatihan ini. Total jam pembelajaran adalah 27 jam  yang mana satu jam pelajaran terdiri dari 45 menit. 

No  MATERI  Jam Pembelajaran
Teori  Praktik  Total
Modul Dasar
Kemitraan Multi Pihak dalam TPB  2
Modul Inti
Kepemimpinan dan Pengembangan Profesional Dalam  Konteks TPB  2
Pemetaan Masalah Pembangunan Berkelanjutan  6
Merancang Solusi Pembangunan Berkelanjutan  6
Rencana Komunikasi dan Advokasi KMP  3
Rencana Monitoring dan Evaluasi KMP  3
Penanganan Pengaduan Publik yang Efektif  3
Modul Pendukung
Rencana Tindak Lanjut  2
TOTAL  10  17  27

 

Baca Juga : Memperkuat Inisiatif Kemitraan Multipihak di Indonesia untuk Agenda 2030

Sumber: kurikulum dan modul pelatihan pengembangan kepemimpinan dan profesi, 2021

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *