Pentingnya Partisipasi Publik untuk Mewujudkan Good Governance

IAP2 Indonesia – Partisipasi publik dalam perencanaan kebijakan pembangunan merupakan faktor utama dalam good governance untuk mewujudkan pembangunan yang inklusif dan berkeadilan.

Partisipasi Masyarakat Dalam Regulasi

Partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan didukung oleh beberapa regulasi yaitu :

  1. UU No. 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang – Undangan pada pasal 96, bahwa masyarakat berhak memberikan masukan secara lisan dan tertulis dalam pembentukan peraturan UU.
  2. UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah pada pasal 139 (1), bahwa masyarakat berhak memberikan masukan secara lisan atau tertulis dalam rangka penyiapan atau pembahasan rancangan Perda.

Berdasarkan 2 regulasi tersebut masukan masyarakat dapat dilakukan melalui rapat dengar pendapat umum, kunjungan kerja, sosialisasi, seminar, lokakarya, dan forum diskusi.

Mengapa Partisipasi Masyarakat Penting Dalam Mewujudkan Good Governance?

 Menurut World Bank dan UNDP salah satu karakteristik Good Governance adalah keterlibatan masyarakat dalam pembuatan keputusan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam menyampaikan aspirasinya. Sedangkan menurut Sad Dian Utomo (2003) terdapat 4 manfaat partisipasi masyarakat dalam mewujudkan Good Governance yaitu:

  1. Memberikan landasan yang lebih baik untuk pembuatan kebijakan publik.
  2. Memastikan adanya implementasi yang lebih efektif karena warga mengetahui dan terlibat.
  3. Meningkatkan kepercayaan warga kepada eksekutif dan legislatif.
  4. Efisiensi sumber daya.

IAP2 Indonesia Mendukung Partisipasi Publik dalam Mewujudkan Good Governance

IAP2 Indonesia hadir sebagai organisasi non-profit yang mempromosikan dan meningkatkan praktik partisipasi publik. Berikut beberapa kegiatan IAP2 Indonesia dalam mewujudkan Good Governance.

  1. IAP2 Indonesia berkolaborasi dengan GWP SEA untuk meningkatkan partisipasi publik dalam pengoptimalan tata kelola air

Sumber foto : webinar IAP2 x GWP SEA

2. IAP2 Indonesia menyelenggarakan webinar tentang peran serta multipihak dalam penyerapan tenaga kerja dalam kerangka Green Recovery.

Sumber foto : Webinar peran serta multipihak dalam penyerapan tenaga kerja dalam kerangka Green Recovery.

3. IAP2 Indonesia berkolaborasi bersama Koalisi Generasi Hijau menindaklanjuti dari pembacaan nota keuangan APBN 2022 dalam upaya untuk mengenali kebijakan atau strategi dalam pemulihan ekonomi dan mengatasi dampak perubahan iklim.

Sumber foto : Webinar Koalisi Generasi Hijau 

Masih banyak Kegiatan yang sudah diadakan oleh IAP2 Indonesia dalam mewujudkan good governance dan untuk mengetahui lebih lengkapnya kamu bisa follow sosial media IAP2 Indonesia. Klik link.

Baca Juga : E-Participation untuk Meningkatkan Partisipasi Publik di Masa Pandemi COVID-19

Mewujudkan good governance diperlukan partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan. oleh karena itu IAP2 Indonesia memberikan kesempatan kamu untuk memajukan praktik partisipasi publik dengan cara join member pada link berikut.

 

Artikel ini ditulis oleh Pundarika Vidya Andika

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *