Kegiatan KonsoIidasi Koalisi Generasi Hijau

Kegiatan konsolidasi Koalisi Generasi Hijau untuk membahas penataan kelembagaan hingga merumuskan rencana aktivitas kedepannya untuk mewujudkan ekonomi hijau yang berkeadilan dan berkelanjutan.

Tentang Kegiatan Konsolidasi Koalisi Generasi Hijau

Konsolidasi Koalisi Generasi Hijau diadakan selama 2 hari pada tanggal 21 – 22 Januari 2022 yang dihadiri 15 peserta dari berbagai organisasi. Organisasi yang hadir terdiri dari Kegiatan tersebut terdiri FITRA, CORE Indonesia, Waste4Change, METI, RIB, IPI, IRID, AMF, WRI, dan GIZ. Tujuan dari diskusi ini untuk menetapkan arah koalisi generasi hijau hingga merumuskan program – program yang mendorong ekonomi hijau dengan menerapkan 5 prinsip dasar green economy.

 

sumber : dokumentasi, 2022

 

Antusias Peserta dalam Forum Group Discussion

Forum Group Discussion terdiri dari 3 sesi, pada sesi 1 yang dimoderisasi oleh Pak Yusdi – CEO Rumah Berkelanjutan membahas penataan kelembagaan. Sesi 1 ini peserta sangat antusias dalam memberikan input tentang isu dan fungsi dan hal tersebut nantinya akan diturunkan menjadi bentuk, Visi dan Misi, dan struktur Koalisi Generasi Hijau. Isu yang di highlight dari masukkan peserta adalah sirkulasi ekonomi, green economy, pembangunan berkelanjutan, PRK, dan capacity building. Dalam pembahasan tersebut disimpulkan bahwa bentuk koalisi generasi hijau sebagai perkumpulan yang legal tetapi tidak berbadan hukum, hal tersebut didukung dengan adanya perwakilan atau host dalam keberjalanan kegiatan sehingga mekanismenya lebih ke agregasi. Selanjutnya pembahasan diskusi sesi 2 secara rinci adalah pendanaan mitra pembangunan. Pada diskusi ini dipimpin oleh Pak Thres dan Bu Dinna untuk memaparkan tentang rencana pemetaan pendanaan koalisi generasi hijau kedepannya. Pada sesi ini cukup singkat tetapi substansi yang dipaparkan dan didiskusikan sangat padat dan jelas. 

sumber : dokumentasi, 2022

Sehingga langsung dilanjutkan ke sesi 3 yang dipimpin oleh Pak Aldi – Chair IAP2 Indonesia dalam memimpin diskusi pemetaan multistakeholder, pada sesi ini setiap peserta diminta untuk memetakan stakeholder yang menjadi mitra organisasi peserta. Setelah itu Pak Aldi meminta setiap peserta menjelaskan hasil pemetaan stakeholder dan mempertimbangkan yang dapat dijadikan mitra kedepannya.

sumber : https://www.instagram.com/gh_generasihijau/

Tidak hanya selesai sampai sesi 3 saja, acara diskusi dilanjutkan untuk membahas rencana aktivitas kedepannya dalam waktu dekat. Perencanaan aktivitas disusun secara sistematis dan diperinci agar dapat dinilai dengan indikator yang jelas. Setiap peserta aktif memberikan masukkan sehingga keberjalanan diskusi berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Memelihara Rajutan Kolaborasi IAP2 Indonesia dengan BKSAP

Harapan IAP2 Indonesia untuk Koalisi Generasi Hijau

Pak Aldi Muhammad Alizar – Chair IAP2 Indonesia berharap IAP2 Indonesia dapat mendukung kualitas praktik partisipasi publik dan kolaborasi antar mitra.  Sehingga mendukung visi misi Koalisi Generasi Hijau yaitu mewujudkan ekonomi hijau yang lebih berkeadilan, inklusif, dan berkelanjutan.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.