Integrated Water Security Open Program untuk Meningkatkan Ketahanan Air

Fany Wedahuditama – Regional Coordinator, GWP SEA sebagai pembicara pada webinar GWP SEA x IAP2 Indonesia (11/11/2021). Beliau membawakan topik tentang Integrated Water Security Open Program multi-stakeholder untuk meningkatkan ketahanan air pada tingkat Asia. Program tersebut terdiri dari dua komponen yaitu Integrated Water Security Open Platform dan Water Security Support Facility. Komponen pertama sudah berada pada tahap lanjutan sedangkan komponen kedua masih pada tahap pengembangan.

Integrated Water Security Open Platform, merupakan platform yang dapat diakses oleh seluruh organisasi untuk menginformasikan aksi yang berhubungan dengan water security. Platform memberikan keuntungan pada masyarakat, pemerintah, dan pendonor untuk saling berkoordinasi dan mendukung program water security. Strategi aktivitas Open Program yaitu laporan kontribusi multi pemangku kepentingan tahunan, acara pertukaran pembelajaran, dan mekanisme penyelarasan antar stakeholder.

Gambar 1. Prototype Water Security Open Platform

Sumber : Materi Fany Wedahuditama GWP SEA, 2021

 

Baca Juga : Partisipasi Publik yang Efektif di Tingkat Masyarakat untuk Pengelolaan Air yang Lebih Baik

 

Integrated Water Security Support Facility, merupakan fasilitas yang membantu negara untuk mempercepat kemajuannya dalam mencapai tujuan ketahanan air. Platform tersebut mendukung untuk menilai kapasitas kesiapan dan meningkatkan kesiapan mereka dengan menyediakan tailor-made support menu. Kerangka Water Security Support Facility dimulai dari penilaian kapasitas kesiapan negara yang mendaftar dan fasilitas akan melakukan support request melalui support menu. Setelah itu GWP SEA akan meminta bantuan partner untuk dapat memberikan dukungan dalam meningkatkan kapasitas negara. Framework lebih detail dapat dilihat pada gambar 2.

Gambar 2. Framework Water Security Support Facility

Sumber : Materi Fany Wedahuditama GWP SEA, 2021

Presentasi Pak Fany memberikan insight bahwa Peran platform yang akan dikembangkan GWP SEA akan memberikan pengaruh besar dalam mendukung partisipasi yang efektif untuk meningkatkan water security. Pak Fany berharap dengan platform tersebut semua pihak dapat berkontribusi dan bekerja sama dalam mencapai water security goals.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.