Review Hari Ketiga di Pelatihan Dasar-dasar Partisipasi Publik (3)

Masih ingat apa langkah selanjutnya setelah dilakukan identifikasi teknik, yang kita bahas diawal artikel?, yup, betul sekali, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah identifikasi elemen pendukung untuk implementasi rencana. Menerapkan rencana partisipasi publik membutuhkan penerapan elemen dukungan dasar. Ini termasuk waktu (yaitu, penjadwalan); sumber daya (mis. anggaran, personil, dll.); rencana komunikasi pendukung, dan peran serta tanggung jawab yang ditentukan.

Rencana partisipasi publik perlu memuat jadwal waktu terperinci dari proses pengambilan keputusan serta kegiatan partisipasi publik dalam proses keputusan tersebut. Informasi yang akan diberikan kepada publik dan masukan/saran dari publik harus diatur waktunya sehingga hak publik untuk mendapatkan kesempatan dalam mempengaruhi proses keputusan dapat terfasilitasi dengan baik. Sudah menjadi hal umum dimana seringkali tenggat waktu keputusan/jadwal proyek menentukan jadwal waktu dari partisipasi masyarakat.

Perencanaan untuk anggaran dan sumber daya juga tak kalah pentingnya dalam rencana partisipasi publik. Penganggaran untuk partisipasi publik merupakan hal yang perlu dipantau. Jangan memulai proses partisipasi publik yang membutuhkan sumber daya yang tidak tersedia. Pastikan rencana partisipasi publik berisi perkiraan anggaran terperinci dan identifikasi semua sumber pendanaan. Selanjutnya adalah membuat perencanaan untuk peran dan tanggung jawab. Peran dan tanggung jawab hadir dalam tiga konteks, diantaranya adalah konten (mereka yang menyediakan, menerima, dan menganalisis data), proses (mereka yang mendesain dan mengimplementasikan proses), hubungan (mereka yang berinteraksi dengan para pemangku kepentingan).

Detail operasional, identifikasi dini terhadap kebutuhan operasional proses diperlukan. Lebih detailnya adalah identifikasi dan persiapkan untuk lokasi‐lokasi potensial yang memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan dan teknik, ukuran fasilitas dan akustik, kebutuhan peralatan audio‐visual, pameran/gambar, catering, persyaratan kepegawaian, asuransi, kebutuhan lainnya. Persiapkan rencana komunikasi, buat draf rencana komunikasi untuk mendukung rencana partisipasi publik Anda. Informasi tentang unsur‐unsur yang perlu dipertimbangkan untuk dimasukkan dapat ditemukan di bagian modul perencanaan efektif partisipasi publik. Kombinasi penjelasan dari pelatih dengan slidenya dan modul dapat menjadi pembuka wawasan yang cukup mumpuni.

Tak berasa sudah berada dipenghujung artikel, inilah langkah atau kegiatan terakhir dalam merancang rencana partisipasi publik, tidak lain dan tidak bukan adalah menetapkan metodologi evaluasi. Kenapa sih perlu evaluasi?

Evaluasi selama proses adalah untuk mengujinya dalam kata lain untuk mengidentifikasi bidang-bidang yang perlu ditingkatkan dan menyelesaikan masalah yang muncul, meninggalkan evaluasi hingga akhir proses partisipasi mengurangi nilainya. Sebagai penutup dari pembahasan modul perencanaan efektif dari partisipasi publik, pelatih selanjutnya menjelaskan perencanaan komunikasi dan partisipasi publik.

Mulai dari model dasar komunikasi, mitos komunikasi, pengembangan pesan utama, komunikasi resiko, persepsi resiko, memahami nilai/kebutuhan/motivasi/pemangku kepentingan, dan menutup rangkaian (closing the loop). Bagaimana, sudah paham mengenai perencanaan efektif partisipasi publik?. Sudah merasa puas dengan review ini?, kurang lengkap? Yaa, namanya juga review, ringkasannya saja, namun jangan berkecil hati, review ini tidak berhenti disini saja. Masih ada kelanjutannya, akan bersambung modul kedua yaitu teknik efektif partisipasi publik. Tunggu diartikel kami yang segera publish.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.