Review Hari Ketiga di Pelatihan Dasar-dasar Partisipasi Publik (1)

Di edisi review kali ini kita akan mengulik apa saja sih yang dibahas pada hari ketiga pelatihan sejak tanggal 30 Juli 2018 hari senin lalu. Masih dilanjutkan dengan mengupas tuntas modul perencanaan efektif dari partisipasi publik, pelatih menyampaikan langkah yang ke-5 atau langkah yang terakhir dilakukan dalam proses 5 langkah perencanaan, yaitu merancang rencana partisipasi publik.

Ada lima kegiatan yang dilakukan didalamnya diantaranya adalah; menentukan format dari pilihan yang sederhana atau kompleks, mengintegrasikan data dasar ke dalam rencana, mengidentifikasi teknik yang mendukung sasaran partisipasi publik yang pada gilirannya mendukung langkah-langkah dalam proses pengambilan keputusan, mengidentifikasi elemen pendukung untuk implementasi rencana, termasuk perencanaan komunikasi, dan yang terakhir menetapkan metodologi evaluasi. Lalu apa dan bagaimana maksud dari semua kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan di atas?, mari kita simak bersama-sama penjelasannya berikut ini.

Oke, kita bahas pada kegiatan yang pertama yaitu tahap pembuatan format rencana. Format rencana dapat dibuat secara sederhana atau juga kompleks, bergantung pada persyaratan pengambil keputusan, pengalaman profesional partisipasi publik, sifat proyek/inisitif, serta kebutuhan masyarakatnya seperti apa. Jika dibuat dalam bentuk sederhana maka keterangan atau informasi yang diperlukan didalamnya adalah apa yang dilakukan, kapan akan dilakukan, dengan siapa akan melakukannya, oleh siapa saja dan dimana akan dilakukan.

Lain halnya jika yang dibuat adalah berupa dokumen yang lebih kompleks, akan berisi lebih detail, dilengkapi alasan dan data. Apapun sifat dokumennya jika dirancang dengan matang akan dapat berfungsi baik sebagai panduan implementasi, dan sebagai dokumen historis dari pelaksanaan rencana dan hasil. Nah, format mana yang akan Anda gunakan, sederhana atau kompleks?, tidak ada aturan baku dan pemaksaan terserah pada Anda. Sudah siap dengan kegiatan yang selanjutnya?, let’s jump into it.

Setelah Anda memantapkan langkah menjadi “tim” format sederhana atau “tim” format kompleks, kemudian langkah selanjutnya adalah mengintegrasikan data dasar kedalam dokumen. Data yang akan diintegrasikan harus benar-benar jelas dan ringkas. Data yang tertera termasuk latar belakang, gambaran umum proyek, ringkasan pemangku kepentingan dan isu, keputusan untuk mengatasi masalah dan peluang, langkah-langkah proses keputusan, tujuan langkah keputusan, dan tujuan proses partisipasi publik.

Selain dari pada itu, dapat juga ditambahkan di setiap bagian-bagian dalam proses partisipasi publik yaitu; hasil yang di capai dalam setiap bagian (produk, keputusan yang tercapai, hubungan yang di perkuat, liputan media), tantangan yang di hadapi dan bagaimana penanganannya, pelajaran yang di petik dan perbaikan yang perlu dilakukan kedepannya. Data tersebut tentunya perlu waktu untuk mengumpulkannya bukan?, namun jangan khawatir karena apa-apa yang dipersiapkan di atas itu nantinya akan memberi kemudahan untuk kita juga kok, misalnya kalau kita butuh menyiapkan atau membuat ringkasannya yang biasa juga disebut dengan ringkasan eksekutif. Apa dan bagaimana pembahasan lanjutannya, tunggu di artikel berikutnya…(Bersambung)

Senin, 17 September 2018. 14.37 WIB

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *