Partisipasi Publik Pada Core Values Award IAP2 International

IAP2 terus berkomitmen untuk terus memajukan praktik partisipasi publik melalui berbagai bidang seperti pendidikan, advokasi dan membangun kemitraan multi pihak.

Core Values Award IAP2 International

IAP2 adalah asosiasi internasional yang bergerak dalam bidang pelibatan masyarakat atau partisipasi publik, yang juga bekerja sama dalam di bidang individu, lembaga pemerintah, maupun lembaga non-pemerintahan. IAP2 International tiap tahun memberi penghargaan pada program-program partisipasi publik dari mancanegara, seperti yang akan kita bahas pada artikel ini ada beberapa program partisipasi publik dari Australia dan Afrika Selatan.

Baca Juga : Peran Anak Muda Dalam Mewujudkan SDGs 

the World Resources Institute and Finley Greenberg Inc. Initiating Stakeholder Engagement Plans for Carbon Capture and Storage (CCS) Deployment in South Africa

Sumber: https://www.researchgate.net/figure/The-basic-principle-for-Carbon-Capture-and-Storage-CCS_fig1_328352287

Carbon Capture and Storage (CCS) di Afrika Selatan, tim ahli internasional di CCS dan pelibatan pemangku kepentingan ditugaskan untuk merancang strategi pelibatan pemangku kepentingan. Hal tersebut untuk melibatkan Afrika Selatan dalam keputusan apakah CCS harus dikerahkan. Tantangannya adalah mengembangkan strategi keterlibatan di tingkat nasional dan lokal yang akan meningkatkan kesadaran CCS dan menawarkan kesempatan untuk melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Seperti yang diharapkan, ada banyak tantangan yang harus diatasi selama proses ini. Yang pertama menemukan cara untuk memperkenalkan CCS sebagai partisipasi baru dalam berbagai tingkat apakah CCS dianggap sebagai mitigasi yang efektif, lalu apakah masyarakat lokal menginginkan CCS, faktornya adalah Afrika Selatan tidak memiliki kerangka hukum untuk itu, Terakhir, proyek dilakukan pada satu waktu, perbedaan dan persamaan antara CCS dan fracking memerlukan penjelasan yang jelas.

Baca Juga : MotoGP Mandalika: PLTS Menjadi Pawang Energi Listrik 

The South Australian Department of Environment, Water and Natural Resources

 

Sumber: https://egans.com.au/case_studies/department-environment-water-natural-resources-dewnr/dewnr-logo/

Di Australia Selatan, Departemen Lingkungan, Air dan Sumber Daya Alam (DEWNR) bekerja  dengan delapan dewan Pengelolaan Sumber Daya Alam (NRM) regional untuk membantu melestarikan, mempertahankan, dan mengembangkan Australia Selatan. Keahlian dan jaringan lokal Orang-orang ini memahami kebutuhan komunitas mereka dan membantu pemerintah dan komunitas bekerja sama untuk mengelola sumber daya alam kita di lahan publik dan pribadi. Survei internal menunjukkan bahwa karyawan DEWNR sangat termotivasi dan memiliki  komitmen dan dukungan yang kuat untuk partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan. Karyawan juga didorong untuk mengembangkan keterampilan keterlibatan mereka melalui berbagai pilihan pelatihan internal dan eksternal. Agen interaktif yang bekerja di seluruh DEWNR telah membentuk Jaringan Komunitas Interaktif, yang kini memiliki lebih dari 100 anggota. Sebagai sebuah organisasi, perjalanan keterlibatan masyarakat DEWNR telah didorong baik dan telah memasukkan nilai-nilai inti IAP2 dan Pemerintah Australia Selatan: Melibatkan diri ke dalam kerangka kerja perusahaan. Keterlibatan masyarakat, kebijakan dan pedoman organisasi untuk memasukkan praktik terbaik dan praktik keterlibatan masyarakat ke dalam proyeknya.

Baca Juga : Isu Iklim dan Lingkungan Menjadi Perhatian Khusus dalam G20

Dari program-program di atas, partisipasi publik tentu sangat membantu keberlangsungan hidup masyarakat sekitar, tidak hanya mempermudah kehidupan saja tapi juga dapat membantu menghidupkan alam sekitar.

Author

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *