Partisipasi Anak Muda Dalam Perhelatan KTT Y20 Indonesia

IAP2 Indonesia – Y20 merupakan bagian dari KTT G20 yang memprioritas kan peran anak muda, tentu ini merupakan sebuah momentum bagi para anak muda untuk meningkatkan kerja sama dan partisipasi masyarakat.

Apa Itu KTT Y20

Sumber Gambar: https://y20-indonesia.org/id/

Youth 20 (Y20) adalah forum konsultasi resmi bagi kaum muda dari seluruh negara anggota G20 untuk memulai dialog. Y20 mendorong kaum muda sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu global, berbagi ide, berdiskusi, bernegosiasi, dan membangun konsensus. Indonesia terpilih untuk menjadi tuan rumah konferensi tingkat tinggi negara G20 dan juga KTT pemuda anggota G20 yang disebut Youth 20 (Y20). perhelatan Y20 di Indonesia akan  mengusung empat prioritas, yaitu: lapangan kerja bagi kaum muda, transformasi dan keberlanjutan digital, dan planet yang  layak huni, Keanekaragaman dan inklusi. Sebelum memulai KTT G20, KTT Y20 merupakan salah satu side event dari G20 yang akan diselenggarakan di kota Jakarta dan Bandung pada tanggal 17-24 Juli. dengan mengangkat tema “Dari Pemulihan Ke Resiliensi : Membangun Kembali Agenda Pemuda Pasca Covid-19”

Baca Juga : Aplikasi MyPertamina Mendorong Bahan Bakar Ramah Lingkungan?

Peran Anak Muda Dalam KTT Y20 Indonesia

Sumber Gambar:
https://era.id/nasional/98967/singgung-soal-dampak-pandemi-dan-peran-anak-muda-di-acara-y20-ini-maksud-puan-maharani

Dalam mewujudkan perhelatan ini tentunya dibutuhkan adanya partisipasi publik, salah satunya adalah peran anak muda. Dalam KTT Y20 ini memang diprioritaskan khusus untuk partisipasi anak muda untuk mendorong inklusivitas dalam presidensi G20 nanti. Peran anak muda dalam Y20 ini merupakan komponen penting dalam berjalan nya G20. peran anak muda tentunya sangat diharapkan bagi seluruh masyarakat, Kontribusi pemikiran anak muda melalui KTT Y20 diharapkan dapat membantu dan memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi negara-negara di dunia. Khususnya, percepatan pemulihan pasca Covid-19. Ini juga merupakan wadah yang besar bagi para pemuda khususnya anggota dari G20 sebagai wadah untuk membentuk masa depan.

Baca Juga : Pembangunan SDGs Indonesia Melalui MSP

Anak muda memiliki peran penting dalam keberlangsungan demokrasi dunia dan juga merupakan kunci dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs. Dalam KTT Y20 juga dihadiri oleh ketua DPR RI Puan Maharani, “Kaum muda adalah mesin pembangunan ekonomi masa depan. Pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan. Pemuda diharapkan dapat menghadirkan ide-ide baru untuk memecahkan masalah global,” Ucapnya. 

Baca Juga : Metaverse atau Dunia Nyata yang Berkelanjutan: Pilih Mana? 

Dapat disimpulkan bahwa, peran anak muda sangat penting bagi keberlangsungan hidup dunia, apalagi populasi pemuda tumbuh hingga 7% pada tahun 2030. Ini merupakan wadah yang besar bagi pemuda karena pemuda adalah kunci masa depan yang diharapkan dapat menghadirkan ide-ide dalam memecahkan masalah global.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.