Kertas Kebijakan 3: Penguatan Partisipasi Publik untuk Mendukung Penciptaan Green Jobs dalam Kerangka Kebijakan Low Carbon Development di Indonesia

Green jobs atau lapangan kerja hijau merupakan konsekuensi masa depan dari upaya transformasi pembangunan rendah karbon. Lapangan kerja hijau ini juga merupakan kata kunci dalam pengembangan ekonomi hijau (green economy) karena perkembangan ekonomi hijau akan melahirkan berbagai peluang kerja yang lebih berkelanjutan. Sebaliknya, dalam satu dekade ke depan, ekonomi yang tidak ramah lingkungan akan cenderung menjadi usang dan ditinggalkan. Hal ini akan terjadi jika upaya penguatan kebijakan pembangunan rendah karbon berhasil dilaksanakan seiring dengan menguatnya komitmen para pihak di tingkat global dalam penanganan perubahan iklim.

Diperlukan keseriusan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyukseskan penciptaan lapangan kerja green jobs dengan mengembangkan pembangunan rendah karbon. Oleh karena itu, IAP2 Indonesia telah merumuskan kertas kebijakan dengan judul “Penguatan Partisipasi Publik untuk Mendukung Penciptaan Green Jobs dalam Kerangka Kebijakan Low Carbon Development di Indonesia” sebagai media advokasi dan dukungan kepada pemerintah dalam pembangunan rendah karbon Kertas Kebijakan tersebut dapat diunduh pada tautan berikut.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.