Tentang Kami

Profile kami

IAP2 (International Association for Public Participation) Asosiasi Internasional untuk Partisipasi Publik, didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1990, adalah organisasi internasional terkemuka memajukan praktek partisipasi publik. Partisipasi publik berarti melibatkan mereka yang terkena dampak akibat sebuah atau beberapa keputusan dalam proses pengambilan keputusan. Kondisi ini kemudian mendorong keputusan yang berkelanjutan dengan menyediakan peserta informasi yang mereka butuhkan dan wadah untuk terlibat dalam cara yang berarti, dan berkomunikasi dengan mereka untuk dapat masukan mereka mempengaruhi keputusan.

SEJARAH IAP2 indonesia

Di Indonesia, IAP2 Indonesia sudah diinisiasi sejak awal tahun 2011 dan didirikan secara formal sebagai badan hukum Asosiasi pada 1 Januari 2012 oleh sejumlah tokoh publik yang mempunyai perhatian dan komitmen untuk memperkuat partisipasi publik di Indonesia. IAP2 Indonesia tercatat sebagai Asosiasi Partisipasi Publik Indonesia Jakarta dengan Akta Notaris No. 9 tahun 2012 pada Notaris Hj. Huriah Sadeli, SH di Jakarta.

TUJUAN PARTISIPASI PUBLIK

Praktek partisipasi publik mungkin melibatkan pertemuan-pertemuan publik, survei, rumah terbuka, lokakarya, polling, komite penasihat warga negara dan bentuk lain dari keterlibatan langsung dengan masyarakat.

Milestone IAP2 INDONESIA

2012

Aldi Muhammad Alizar memprakasai dan mendaftarkan IAP2 Indonesia secara resmi dengan nama hukum ” Asosiasi Partisipasi Publik Jakarta”.

2014 – 2017

IAP2 Indonesia berfokus pada membangun jejaring dan kemitraan yang strategis untuk mengenalkan IAP2 Internasional dan IAP2 Indonesia keluar negeri melalui UNESCAP.

2017 – 2019

IAP2 Indonesia telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan yang mendukung terwujudnya visi dan misi suatu organisasi commodo

2020

Pandemi yang hadir di tahun 2020 membuat IAP2 Indonesia fokus dalam menyelenggarakan kegiatan dan kampanye secara daring. 


Struktur
Pengurus

IAP2 Indonesia didirikan pada 1 Januari 2012 berdasarkan akta notaris No. 09 pada notaris Hj. Nuriah Sadeli, SH di Jakarta. Dalam pendiriannya, IAP2 Indonesia diinisiasi oleh sejumlah inisiator yang merupakan personal dan tokoh-tokoh publik yang mempunyai perhatian dan komitmen untuk memperkuat partisipasi publik di Indonesia.

 

team members

Dewan Pengawas

Alizar Anwar (1)

Alizar Anwar, MSc. MBA

Prof DR Darmawan Salman

team members

Dewan Penasehat

Dr. Anas Nikoyan (Dewan Penasihat)

DR Anas Nikoyan

DR Stephen Lorenzen

Afandi MSi

Idham Ibty (Dewan Penasihat)

Idham Ibty

Muhammad Subhan (1)

Muhammad Subhan

Dr. Murdiyah Hayati

DR Murdiah Hayati

team members

Dewan Pengurus / Board

Aldi Muhammad Alizar (Chair IAP2 Indonesia) (1)

Aldi Muhammad Alizar

Ketua / Chair

Sheila Teta Carina

Wakil Ketua / Co-Chair

Yusdinur Usman

Bendahara / Co-Chair, Treasury

Ratih Damayanti

Sekretaris / Co-Chair, Secretary

team members

Sekretariat

Andry Sose (Engagement Manager) (2)

Andry Sose

Engagement Manager

Naufal Muhammad Iqbal

Junior Programme Officer

Fahmi Amarrilo Dwimagma

Junior Researcher Intern

Rafi Brilliyanto

Web Administrator

Praditya Fathir Rizqi

Web Administrator

Pundarika Vidya Andika

Research and Social Media Officer

Rencana Strategis

Rapat Umum Anggota merupakan forum tertinggi tahunan Asosiasi untuk membahas berbagai hal terkait dengan Asosiasi. Salah satu agenda yang dibahas dalam Rapat Umum Tahunan 2017 adalah pembentukan Pengurus baru Asosiasi periode 2018-2021. Untuk menjalankan kepengurusannya, Pengurus IAP2 Indonesia yang baru ini perlu merumuskan Rencana Strategis yang akan diturunkan dalam Program Kerja Asosiasi. Dokumen ini menjelaskan gambaran Rencana Strategis IAP2 Indonesia mulai dari hal yang bersifat umum (visi dan misi), sampai yang bersifat khusus berupa kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh IAP2 Indonesia selama tiga tahun ke depan.


Tentang kami

IAP2 adalah asosiasi anggota internasional yang mempromosikan dan meningkatkan praktik partisipasi publik atau pelibatan masyarakat, yang menggabungkan individu, pemerintah, lembaga, dan entitas lain yang memengaruhi kepentingan publik di seluruh dunia.

laman

kontak bantuan