//Selamat Menyambut Tahun 2019
city diplomacy

Selamat Menyambut Tahun 2019

“Investing for the poor requires participation from the entire community” – Bill Gates

Kami percaya bahwa partisipasi publik merupakan bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM). Karena hal apa pun yang memberikan dampak secara langsung ataupun tidak langsung kepada publik/masyarakat perlu diberikan ruangnya dalam proses pemecahan masalah atau pengambilan keputusan. Menggunakan masukan publik/masyarakat dalam membuat keputusan yang berkelanjutan.

“Full participation in government and society has been a basic right of the country symbolizing the full citizenship and equal protection of all” – Charles B. Rangel

Keputusan yang berkelanjutan akan menghasilkan Economically Viable, Technically Feasible, Publicly Acceptable, dan Environmentally Compatible. Menjadi impian kita semua saat cita-cita para pendiri Bangsa Indonesia dapat terwujud. Seperti terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan kesejahteraan yang merata.

Untuk itu perlu diupayakan partisipasi inklusif. Mencari pendekatan yang paling tepat untuk melakukannya. Pertimbangan bagaimana merancang sebuah proses partisipasi yang lebih inklusif melalui pemilihan tempat pertemuan, peralatan, fasilitas yang tersedia, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat meningkatkan inklusivitas bagi para pemangku kepentingan dalam menghadapi tantangan penolakan.

Isu partisipasi publik atau public engagement, merupakan hal baru di Indonesia. Namun hal tersebut bukan penghalang untuk menghadirkan sebuah keputusan/kebijakan yang lebih humanis ditengah-tengah masyarakat. Perlu pembekalan khusus bagi para penyelenggara Negara, pihak Swasta, dan pihak  Akademisi terhadap hal ini.

Kami di tahun 2018

Sejak berdirinya IAP2 afiliasi Indonesia ini dari tahun 2011, setidaknya sudah berbagai kegiatan yang terselenggara dengan baik dan sukses.

Ditahun 2018 ini, ada beberapa kegiatan diantaranya ada:

  • Pelatihan Dasar-dasar P2 (Partisipasi Publik), ditanggal 30 Juli – 03 Agustus di Kampus SGPP Indonesia.
  • Pelatihan Internasional – Effective Stakeholder Engagement for The 2030 Agenda, ditanggal 06 – 08 Agustus di Kampus SGPP Indonesia. IAP2 Indonesia bekerjasama dengan UNESCAP yang berbasis di Bangkok, Thailand.
  • Panel Diskusi – Ngobrolin Partisipasi (NgoPas), ditanggal 24 Oktober di Estubizi Biz. Center.
  • Mengadakan Audiensi kebeberapa Instansi Pemerintahan dan Swasta.
  • Terlibat dalam kegiatan IAP2; lokakarya komite perubahan di Kanada, dan komite perubahan IAP2 Internasional.
  • Terakhir kami ikut berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan Diplomasi Kota yang diselenggarakan oleh United Cities and Local Governments (UCLG), ditanggal 18-19 Desember di Hotel Aryaduta.

Selain dari kegiatan tersebut, kami juga melakukan digital engagement. Menghadirkan artikel seputar Partisipasi Publik dan sejenisnya di Website dan Sosial Media kami. Konten tersebut secara kontinu memberikan berita terkini yang relevan bagi pembaca dan pengguna sosial media. Demi kemajuan praktik partisipasi publik di Indonesia khususnya.

IAP2 Indonesia mempublikasikan berbagai ide dan pemikiran serta best practices dari proses partisipasi publik di Indonesia. Ide dan pemikiran tersebut akan dituangkan dalam bentuk hasil penelitian, artikel, maupun tool untuk memudahkan para pihak dalam memahami dan mempraktekkan proses partisipasi publik, baik oleh pemerintah, sektor bisnis maupun masyarakat sipil.

Terima kasih kami untuk masyarakat Indonesia

Kami dari IAP2 Indonesia mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa atas terlaksananya beberapa kegiatan di tahun 2018 ini. Kepada masyarakat Indonesia dan beberapa pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu disini dengan segenap upaya dan kebaikannya telah bersama-sama menyukseskan kegiatan kami.

Berkolaborasi dengan para pihak dan mewujudkan tujuan bersama menjadi sebuah kado yang indah sebagai penutup diakhir tahun 2018. Semoga kedepannya kita bersama dapat saling tumbuh bersama dalam jalan kebaikan. Tak ada gading yang tak retak, begitulah peribahasa berkata, bahwa disetiap pekerjaan tentu pasti ada sisi kurangnya, namun hal tersebut dapat dijadikan potensi untuk berkembang.

Tanpa dukungan dan doa dari rekan-rekan IAP2 Indonesia, dan Instansi lainnya yang telah bekerjasama dengan kami, tak akan dapat berjalan dengan baik.

Last but not least

Mari kita bersama-sama membangun Bangsa Indonesia menjadi Negara yang kuat dan tangguh. Semangat kita semua untuk memperbaiki IAP2 di Indonesia. Di tahun depan supaya dapat memberikan yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya bagi Bangsa Indonesia. Kami terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaik yang kami miliki untuk perubahan positif dari organisasi IAP2 internasional.

Terima kasih untuk IAP2 Internasional dan seluruh afiliasi yang sudah memberikan dukungan terbaik bagi pengembangan IAP2 di Indonesia.

Selamat tahun baru 2019. Sukses dan bahagia selalu.