IAP2 berpartisipasi dalam Forum Politik Tingkat Tinggi PBB

IAP2 Berpartisipasi Dalam Forum Politik Tingkat Tinggi PBB di New York

Juli 2018 – IAP2 diwakili oleh Ms. Leanne Hartill (IAP2 Australasia) dan Mr. Aldi Muhammad Alizar (IAP2 Indonesia) di Forum Politik Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (HLPF) yang diadakan di New York pada Juli 2018. Berlangsung lebih dari delapan hari, sekitar 2.200 peserta yang terdaftar berfokus pada tema forum tahun ini – “Transformasi menuju masyarakat yang berkelanjutan dan tangguh (resilient).” Tujuan IAP2 adalah untuk meningkatkan visibilitas IAP2 di kancah global, membangun jaringan dengan para pemangku kepentingan PBB dan melobi perwakilan dari negara anggota PBB dan pemangku kepentingan utama lainnya untuk mengabsahkan dan mendukung advokasi global – panggilan untuk tahun keterlibatan internasional (atau partisipasi) pada tahun 2020.

 

Leanne Hartill hadir di Panel Pertukaran KemitraanLeanne Hartill hadir di Panel Pertukaran Kemitraan

IAP2 (Leanne Hartill) hadir sebagai bagian dari panel tentang keterlibatan pemangku kepentingan yang efektif sebagai sarana untuk mengembangkan kemitraan transformasional, menyoroti kemitraan UNESCAP dan IAP2 sebagai contoh, menguraikan Nilai Inti IAP2 sebagai nilai bersama yang berkontribusi terhadap kemitraan yang sukses. Moderator Panel ini adalah Kaveh Zahedi, Wakil Sekretaris Eksekutif untuk Pembangunan Berkelanjutan, UNESCAP menggemakan potensi advokasi global dan tahun/dekade keterlibatan.

 

Mengkoordinasikan Grup Utama dan para Pemangku Kepentingan lainnya dalam menanggapi presentasi VNRMengkoordinasikan Grup Utama dan para Pemangku Kepentingan lainnya dalam menanggapi presentasi VNR

IAP2 – diwakili oleh Leanne Hartill dan Aldi Muhammad Alizar – adalah Mitra Pengorganisasi Global untuk Grup Utama NGO. Grup Utama dan pemangku kepentingan lainnya (MGOS) terus menunjukkan tingkat keterlibatan yang tinggi dengan proses antar-pemerintah di PBB. mengkoordinasi masukan mereka dalam proses antar pemerintah pada pembangunan berkelanjutan dipimpin oleh UNDESA / Divisi untuk Pembangunan Berkelanjutan (DSD). Selama HLPF, peran ini memberikan banyak peluang untuk berinteraksi dengan perwakilan dari kelompok-kelompok besar/utama di atas dan pemangku kepentingan lainnya untuk mempromosikan IAP2. Kegiatan utamanya adalah membantu penyusunan pernyataan dari masyarakat sipil ke masing-masing 47 VNR (Voluntary National Review) dan mengkoordinasikan pembicara untuk menyampaikan pertanyaan.

Juga, ada beberapa acara tambahan yang dihadiri, termasuk:

  • Penduduk Asli: pemanfaatan lahan dan sumber daya secara berkelanjutan, oleh sekretariat Forum Permanen tentang Isu-isu Adat.
  • Pameran kemitraan di kapal Perdamaian, bekerja sama dengan UN DESA, UNOP, UNAOC dan Global Compact PBB dalam perayaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.
  • Masyarakat yang berkesinambungan dan tangguh di Asia Pasifik, oleh Kementerian Luar Negeri Georgia dan bekerja sama dengan ADB, UNDP dan UNESCAP.

Tema HLPF 2019 ‘Memberdayakan masyarakat dan memastikan inklusivitas serta kesetaraan’ selaras dengan nilai inti IAP2 dan menyajikan peluang terbaik untuk advokasi global menjelang acara ini. Selain itu, ini adalah kesempatan untuk melibatkan keanggotaan yang lebih luas dan semua Afiliasi dalam membangun pengetahuan tentang sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mengidentifikasi peluang bagi IAP2 untuk berkontribusi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

 

(sumber: https://www.iap2.org/news/426809/IAP2-participates-in-High-Level-United-Nations-Political-Forum-in-New-York.htm)

Leave a Comment